Selamat datang di http://dani-komputer.blogspot.com

Cara Membuat Blog Gratis Melalui Blogger Untuk Pemula

Postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai Pengertian Website dan Blog. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara merancang blog gratis melalui blogger. Blogger merupaka blog yang paling populer dan paling banyak diminati pada umumnya. Tutorial ini sangat cocok untuk para pemula atau orang awam, karena akan dibahas step by step. Silahkan ikuti langkah - langkah nya sebagai berikut.

Langkah - langkah merncang blog
  • Sebelum Anda merancang sebuah blog baru  melalu blogger, Anda terlebih dahulu harus memiliki alamat e-mail dari gmail. Alamat  gmail tersebut dipakai untuk login ke blogger. ( Jika sudah ada silahkan lewati step ini dan menuju step berikutny / membuat akun blogger ). Silahkan buat gmail baru, buka situs http://gmail.com, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut. Slihkan pilih "Buat Akun".

  • Silahkan isi data akun gmail  Anda dengan lengkap, seeprttampilan i berikut. Setelah selesai silahkan beri centang pada "Saya Menyetujui Persyaratan Layanan dan Kebijakan Privasi Google". Selanjutnya pilih "Langkah Selanjutnya".
  • Selanjutnya akan muncul tampilan sebagai berikut untuk "Verifikasi Akun Anda". Pilih pada "Pesan teks (SMS). Pada tahap ini  Google akan mengirimkan "Kode Verifikasi Google Anda" yang dikirim melalui SMS ke nomor yang Anda masukkan pada saat mengisi Akun gmail. Silahkan klik "Lanjutkan".

  • Selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar berikut. Silahkan cek SMS Anda  yang dikirim Google ke nomor telepon Anda. Masukkan kode verifikasi tersebut ke kotak kosong seperti gambar dibawah ini. Jika Anda belum mendapatkan kode verifikasi dari google silahkan klik "coba lagi" dan tunggu beberapa saat. Kemudian klik "Lanjutkan".

  • Alamat e-mail gmail Anda telah selesai dibuat. Klik "Lanjutkan ke Gmail".
  • Selanjutnya setelah e-mail gmail berhasil dibuat. Silahkan Anda masuk ke http://blogger.com untuk memulai membuat akun blogger. Setelah muncul tampilan berikut, masukkan alamat e-mail dan kata sandi gmail Anda. Kemudian klik "Masuk".
  • Biasanya bahasa yang dipergunakan belum sesuai dengan bahasa kita, pilih bahasa Indonesia atau bahasa lain sesuai dengan bahasa yang Anda mengerti. Selanjutnya buat profil blogger Anda dengan memilih “Buat profil blogger terbatas” pada Profil Blogger. Klik 

  • Ketikkan nama profil blogger Anda pada “Nama Tampilan” . Contohnya : PreviewBlogMaskom01. Setelah selesai,  klik “Lanjutkan ke blogger".


  • Pilih bahasa akun blogger Anda, misalnya bahasa Indonesia ( lihat lingkaran merah dipojok kanan atas pada gambar ). Kemudian klik "Buat Blog", untuk membuat blog baru.


  • Ketikkan judul blog Anda pada kotak Judul, misalnya : PreviewBlogMaskom01. Ketikkan juga alamat blog Anda, sebagai alamat situs untuk membuka blog Anda, misalnya : previewblogmaskom01. Karena kita memakai domain dari blogspot maka alamat blog Anda menjadi : AlamatSitus.blogspot.com, contohnya : previewblogmaskom01.blogspot.com. Selanjutnya pada kotak template silahkan pilih template/tema blog Anda yang telah tersedia, misalnya : pilih Perjalanan. Kemudian klik "Buat Blog".
  • Karena blog kita masih kosong dari postingan/artikel, silahkan masukkan postingan/artikel baru untuk dimuat di blog dengan mengklik icon pensil ( lihat yang dilingkarin merah ).
  • Akan terbuka kotak postingan sebagai berikut. Silahkan ketikkan judul postingan/artikel dan ketikkan isi postingan/artikel yang akan dimuat diblog Anda, contohnya artikel mengenai blog. Setelah selesai klik "Publikasikan".

  • Coba pilih "Lihat blog" untuk melihat postingan dan blog yang telah dibuat ( akan terlihat seperti gambar dibawah). Mungkin tampilan blog kita terlalu standart. jadi kita akan mengganti template blognya silahkan ikuti langkah - langkah berikut.



Langkah - langkah mengganti template blog
  • Sebelumnya Anda harus menyediakan template untuk blog tersebut atau mendownloadnya melalui situs penyedia template blog, ada beberapa banyak situs yang menyediakan  template - template gratis untuk blog Anda, misalnya pada situs http://btemplates.com. Silahkan pilih template yang Anda kehendaki, kemudian download/unduh template tersebut, seperti terlihat pada tampilan berikut. Biasanya file template dari situs tersebut masih dalam bentuk rar, silahkan ekstrak file tersebut ( Klik kanan, kemudian pilih "ekstrak here").
  • Setelah selesai, masuk pada settingan blog Anda, pilih pada tab template (akan tampak seperti tampilan gambar dibawah ini). Kemudian klik pada "Cadangkan / Pulihkan" ( lihat yang diberi tanda lingkaran merah ). 

  • Langkah selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk mengunduh / mengupload template Anda. Klik pada "Choose File" untuk mengupload file template yang berhasil di download tadi.
  • Selanjutnya silahkan browse menuju file template yang telah di ekstrak sebelumnya. Misalnya pilih "HorseRiding without slider" ( pilih yang without slider saja untuk menghilangkan slide atau iklan pada template blog tersebut ). Kemudian pilih "Open" untuk mengupload template tersebut. Tunggu beberapa saat hingga proses upload selesai.

  • Tahap mengganti template telah selesai. Silahkan lihat hasil blog Anda bukan situs alamat blog Anda : AlamatBlogAnda.blogspot.com ( misalnya : previewmaskom01.blogspot.com ).

Bagaimana mudahkan membuat sebuah blog, gak perlu skill khusus untuk membuatnya. Silahkan Anda rancang blog Anda sebagus dan  seprofesional mungkin untuk mendapatkan hasil tambahan melalui blog tersebut, ( nanti akan saya coba postingkan ). Semoga berhasil salam Maskom.

Download Cara Merancang Blog Gratis Melalui Blogger Untuk Pemula.pdf Klik Disini.


Bagi Anda yang membutuhkan jasa pembuatan blog, silahkan hubungi saya Klik Disini, saya siap membantu. By. Rahmad Dani

2 komentar:

  1. entah cem mana ng_editnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajari step by step sesuai dengan panduan diatas, good luck

      Hapus

Berikan komentar yang sopan dan berwibawa. Terimakasih